Jumat, 27 September 2013

NINJA GAIDEN 3

=WALKTHROUGH=

Berawal dari misi yang terkesan mudah, menyelamatkan Perdana Menteri Inggris, Ryu Hayabusa terkena kutukan yang dikenal dengan nama Grip of Murder. Sang pelaku, Regent of the Mask, memberikan ultimatum kepada seluruh dunia untuk menyerah dalam waktu 7 hari atau akan menghadapi kehancuran. Kali ini, Ryu harus menghadapi dilema hidup. Apakah dia seorang pahlawan, pembunuh atau ninja legendaris?



TIPS TO SURVIVE: 

- Selalu waspada untuk menekan QTE.Terkadang saat menghadapi musuh, menekan QTE akan membantumu menimbulkan damage yang besar. 
- Jika kamu bingung harus ke mana selanjutnya, cukup tekan R3 (PS3) untuk mengetahui tujuanmu berikutnya. - Pasang telinga dan mata untuk mengetahui lokasi Falcon berada. Kamu akan memerlukan Falcon untuk menyembuhkan diri serta melakukan save. 
- Saat melakukan Kunai Climb, pastikan sekitarmu bersih dari musuh. Jika tidak, mereka akan mencoba berbagai cara untuk menjatuhkanmu. 
- Jangan biarkan dirimu terpojok oleh musuh, karena mereka akan terus menyerangmu sampai KO. Jika terpojok, gunakan semua cara untuk keluar dari kepungan mereka. 
- Saat tangan Ryu berubah warna menjadi merah, kamu bisa mengaktifkan Ultimate Attack. Gunakan untuk menghabisi banyak musuh sekaligus. 
- Kunci utama bertahan hidup disebagian besar game action adalah dodge dan block. Praktekkan hal yang sama untuk bertahan hidup. 

GUIDE 

- Untuk hari 1, bisa dikatakan merupakan hari latihan bagi dirimu yang baru memulai petualangan di serial Ninja Gaiden. Musuh masih cukup mudah di sini, jadi tidak perlu terlalu khawati. 
- Di awal game, yang harus kamu lakukan adalah menekan QTE dan mengikuti cerita.
- Ada baiknya kamu menghabisi musuh yang menembakimu terlebih dahulu dibandingkan yang menghampirimu, karena musuh yang berada dikejauhan akan lebih menyebalkan. 
- Saat tank muncul dan melemparkan mobil, meluncur di bawahnya dan kabur, karena kamu tidak bisa melawannya saat ini. Tekan R3 untuk mengetahui jalan keluarmu. 
- Di area berkabut, sebaiknya maju perlahan untuk menghampiri asal titik merah dan menyerang musuh dari belakang. Lebih aman dan health bar -mu juga cukup aman dari serangan musuh. 
- Saat menghadapi musuh mesin setelah kabut, hajar kaki yang menyala. 

BOSS: REGENT OF THE MASK

 Langsung tekan QTE untuk mencegah serangannya dan lanjutkan menyerangnya. Daripada melakukan block, akan lebih baik kamu melakukan dodge lalu balik menyerang. Gunakan combo terbaikmu untuk melukai boss ini dan tekan QTE saat diperlukan. Intinya, jangan lengah! Pertarungan akan dilanjutkan di luar, gunakan strategi yang sama. 
- Gunakan panah barumu untuk mengatasi menara, musuh di menara dan para pengendara kendaraan bermotor. Kamu belum memiliki pedang, jadi habisi mereka dan Ayane akan memberikan Jinran-Maru untuk digunakan. 
- Saat memasuki bangunan dan melewati area yang cukup luas, siap-siap menekan QTE untuk menghindari jebakan. - Siap-siap menekan QTE saat muncul cutscene musuh menembakkan rocket launcher. 
- Di stage ini kamu akan banyak melakukan Wall Jump dan Flying Bird Flip. Jika kamu kesulitan melawan musuh, Izuna Drop (Kotak, Segitiga, Kotak 3x, Segitiga) akan cukup membantu. 
- Setelah terjatuh di ruangan yang panjang, gunakan panahmu saat tiba di luar (akan ada suara aneh). Bidikkan ke atas dan cobalah menjatuhkan Mage. Tipe Mage sangat menyebalkan karena mereka sering membuat pelindung dan sangat agresif. Berhati-hatilah saat menghadapi mereka. 
- Di dalam Dome, saat menghampiri jukebox, waspadai jebakan dari atas. Saat bertemu Helikopter untuk kedua kalinya, keluarkan panahmu dan mulailah menembakinya sambil terus bergerak. Saat dia mundur, lanjutkan perjalananmu untuk bertemu lagi dengannya. Usir dengan cara yang sama. 
- Di monorail, dahulukan menghabisi musuh yang terbang sebelum menyerang helikopter. Setelah menghabisi musuh, siap-siap menekan QTE untuk kabur. 
- Saat Grip of Murder membuat Ryu berjalan perlahan, kamu masih bisa menghabisi musuh, namun gerakanmu akan lebih lambat. Masuki saja elevator untuk melihat event, siap-siap dengan QTE.

BOSS: HELICOPTER 

Di puncak akhirnya kamu bisa berhadapan dengan boss menyebalkan ini. Dengan panahmu, bidik roket di bawah sayap kiri dan kanan. Lakukan hal ini sambil menghindari serangan roket boss serta saat dia menukik dan berusaha menabrakmu. Lakukan ini terus sampai muncul cutscene di mana kamu harus menekan beberapa QTE. Saat mendarat di atas helikopter, hindari tembakan dari turret sambil menghampirinya. Saat core kuning muncul, hajar. Kamu akan kembali ke platform sebelumnya dan harus mengulangi strategi yang sama. Hindari misil sambil terus menembakkan panahmu. Saat berada di helikopter lagi, boss akan berusaha menjatuhkanmu. Gunakan Kunai Climb untuk bertahan dan hancurkan core turret berikutnya. Di bagian ketiga, kamu akan dikelilingi juga oleh musuh dengan jetpack. Habisi mereka sambil menghindari serangan misil musuh. Setelah menjatuhkan mereka, serang helikoter dengan cara yang sama. Setelah kokpit hancur, tekan QTE sampai pertarungan berakhir. 
- Hari akan dimulai dengan menekan sederetan QTE, jadi jangan lengah sampai kamu tiba di daratan. 
- Sebelum memanjat dinding, gunakan panah untuk menghancurkan sarang serangga. Mundur dan habisi serangga yang muncul, lalu lanjutkan memanjat. 
- Setelah diserang anjing, masuki bangunan kecil lalu tekan QTE untuk menghindari misil yang berdatangan. Di atas truk, tekan QTE untuk bergelantungan di belakang truk. 
- Setelah menangani perkampungan musuh, kamu harus lari. Hindari misil yang dijatuhkan helikopter dan lompati atau meluncur di bawah batang pohon yang menghalangimu. 
- Tiba di area gelap, ikuti jalan sampai kamu melihat lorong. Ada sarang serangga di atas, jadi hancurkan dulu sebelum naik. Setiap kali kamu menemukan sarang serangga, pastikan kamu menghancurkannya duluan. 
- Saat menyeberang tali dan kamu melihat helikopter, segera capai seberang dulu. Setelah itu baru serang dengan panahmu. 
- Tiba di dalam bangunan, kamu akan diserang oleh para Mage yang pernah kamu hadapi di Day 2. Kamu juga akan bertemu Ghost, musuh yang bisa menghilang. Mereka akan menjatuhkan ranjau yang berkedip di lantai, segera menghindar. 

BOSS: T-REX 

Jaga jarak dan hindari serangannya sampai dia terjatuh. Secepatnya hampiri perut makhluk ini dan serang. Segera menghindar saat dia bangkit dan ulangi proses yang sama, sampai tubuhnya terlindungi. Kali ini kamu harus menyerang kepalanya, jadi ulangi strategi yang sama. Hanya saat dia terjatuh, serang kepalanya. Saat kamu dilemparkan ke luar area, saatnya lari. Lari terus dan hindari tulang yang menghalangi jalanmu. Saat boss menggigit misil, keluarkan panahmu dan hancurkan misil di mulut boss. Masuki area berikutnya, tekan QTE untuk menghindar dan menyerang. Gunakan strategi yang sama untuk melukai boss sampai muncul QTE. 
- Phase pertama tidak terlalu sulit. Waspada terhadap flame thrower yang muncul di akhir gelombang. 
- Phase ketiga, kamu harus kembali mengalahkan Regent of the Mask. Gunakan saja strategi yang sama untuk mengalahkannya. Namun, waspada karena dia jauh lebih agresif dan lebih gesit dibandingkan pertama kali. 
- Saat berada di jembatan, siap-siap menekan QTE dan mulailah melakukan Kunai Climb. 
- Ketika kamu tiba di laboratorium, musuh akan terus berdatangan. Kamu harus bertahan selama mungkin dari serangan makhluk buatan. Hati-hati dengan humanoid karena mereka bisa menghisap health -mu, lepaskan diri ASAP. 
- Di area dengan cairan hijau, habisi musuh segera dan cari dinding yang bisa dipanjat. Teruskan sampai ke lubang udara di atas untuk keluar dari area tersebut. 
- Keluar dari lift, hadapi para Ghost dan Mage. Gunakan Ninpo jika kamu membutuhkan healing dan pastikan mengenai cukup banyak musuh untuk menyembuhkanmu. 
- Saat kamu mengejar Lovelace, gendong Canna dan kejar Lovelace. Lepaskan diri dari para humanoid secepat mungkin untuk menghindari berkurangnya HP terlalu banyak.

BOSS: GODDESS PROTOTYPE 


Bagian awal tidak terlalu sulit asalkan kamu menjaga jarak saat boss melakukan combo. Saat tangannya memanjang, akan lebih sulit karena dia memiliki jangkauan yang lebih luas. Teruslah bergerak untuk menyerangnya dan jangan lupa menghindar jika dia akan mengayunkan tangannya. Serang terus, tekan QTE dan dia akan berganti tangan. Masih gunakan strategi yang sama namun lebih sering melakukan block. Saat dia kabur, kamu harus mengejarnya. Kejar dan dia akan menyerang dari atas, segera menghindar. Gunakan strategi yang sama lagi, sampai kamu sukses memotong kepalanya. 
- Setelah mengalahkan boss, kamu harus kabur. Tekan QTE dulu untuk menghadapi sisa boss, lalu kabur. Hiraukan musuh dan lakukan slide sebelum pintu tertutup. Hiraukan semua musuh dan pusatkan melewati semua pintu yang bergerak menutup. 
- Setelah mendarat, tekan saja R3 untuk mengetahui ke mana kamu harus pergi. Belum ada musuh, jadi kamu masih bisa tenang berjalan. Setelah mendapat pedang baru, jalan sedikit dan musuh akan muncul. 
- Kamu akan menghadapi musuh ninja, tidak jauh berbeda dengan musuh yang sebelumnya kamu hadapi. Hanya saja mereka sedikit lebih agresif dibandingkan musuh lain. Izuna Drop akan sangat membantu. 
- Saat menyeberangi jembatan, tekan QTE, lemparkan kunai untuk menghabisi musuh yang terbang dan segera bergerak ke tempat aman. Kamu juga harus memanjat jembatan yang terbakar secepatnya, hindari sisi yang terbakar dan cepatlah bergerak. 
- Melewati jalan kecil, tekan QTE untuk menghindari tergencet batu dan habisi dulu para pelempar granat yang menyebalkan, baru sisanya. 
- Setelah bertemu Genjiro dan memasuki halaman rumah berikutnya, siap-siap menekan QTE. 
- Momiji akan bergabung kemudian, dia cukup kuat dan bisa menjaga dirinya sendiri dengan baik. Usahakan saja jangan terlalu jauh darinya. 
- Ketika terperangkap di area di mana jalan keluar terhalangi asap ungu, teruslah bertarung sampai muncul event. 

BOSS: OBABA 

Pertarungan diawali dengan penekanan QTE. Hancurkan benda merah yang ditunjukkan di cutscene, lalu anak buah boss. Saat boss mengangkat tangannya, keluarkan busur dan bidik tangannya untuk mencegah dia menghantammu. Boss akan kembali membangkitkan anak buahnya, ulangi metode yang sama sampai muncul QTE dan kamu berpindah tempat. Lakukan Kunai Climb ke benda merah sambil menghindari cakar yang muncul. Tekan QTE untuk menghancurkan 2 benda merah berikutnya, dan Momiji akan kembali bergabung. Tangani anak buah Obaba, utamakan si pemanah karena mereka akan sangat menyebalkan. Serang benda merah berikutnya dan saat wajah boss akan close up, mundur untuk berlindung (cari Momiji, karena dia akan mencari tempat aman untuk berlindung). Keluar setelah boss beres 'muntah' dan ulangi metode sama sampai Momiji membuat pelindung. Potong semua cakar dan kembali serang benda merah sampai muncul QTE yang mengakhiri pertarungan. Jangan lupa selamatkan Momiji dengan menekan QTE lagi. 
- Badai salju akan sedikit menghalangi pandanganmu. Selalu waspada menekan QTE untuk menghindari jebakan dan usahakan jangan sampai dikepung oleh musuh. Kamu juga akan menghadapi musuh yang menaiki kendaraan bermotor. Kenalkan panahmu kepada mereka. 
- Saat melakukan Kunai Climb di dinding es, jangan lupa menghindari es yang berjatuhan. 
- Di gua es, kamu akan kembali bertemu dengan musuh yang kamu temui di Hari 4. Hanya saja mereka lebih kuat dan lebih agresif dibandingkan sebelumnya. Sering-seringlah menghindar dan melakukan block untuk bertahan hidup. Ketika kamu melihat dinding yang bisa dipanjat setelah es runtuh, segera memanjat sebelum lantai hancur. 
- Manfaatkan serangga untuk menerangi gua yang gelap, dengan membantai mereka. Jangan lupa menghancurkan sarang serangga yang kamu temui. 
- Ketika kamu terjatuh, hindari pilar es dengan menekan QTE. Mulai dari poin ini, musuh yang akan kamu hadapi semakin banyak, semakin agresif dan semakin merepotkan. Waspadai musuh dengan punggung berduri merah, karena mereka musuh yang cukup cepat dan mampu menimbulkan damage besar. Ketika duri mereka bersinar, segera menghindar karena mereka akan meledak. 
- Saat tiba di pintu dengan wajah, habisi musuh. Saat mata wajah di pintu bersinar, habisi semua musuh lagi dan tangani wajah yang melayang dengan panahmu. Musuh baru yang membawa scythe juga merepotkan, berhati-hatilah saat menanganinya. 
- Kamu juga akan bertemu lagi dengan Mage tipe baru, kali ini berpakaian putih. Mereka lebih menyebalkan dan lebih agresif, hindari bertarung dengan mereka di area yang terlalu sempit. Teruslah bergerak dan jangan tahan ninpo jika kamu memerlukannya. 

BOSS: EPIGONOS 


Di awal pertarungan, boss tidak terlalu sulit. Setelah dia terjatuh karena tangannya, kamu harus menghampirinya, serang dan menekan beberapa QTE. Selesai event, kamu harus melawan boss yang bertambah kuat dan lebih agresif. Yang harus diwaspadai adalah saat tubuhnya diselimuti aura merah. Mundur, tunggu sampai tanganmu berwarna merah dan gunakan Ultimate Technique-mu untuk mengatasi boss. Ulangi strategi yang sama, sering menghindar dan diserangan ketiga, kamu harus menghampiri, menyerang lalu menekan QTE. 
- Setelah menang, naik ke atas dan buka pintu dengan QTE. Habisi dua Mage di dalam, kemudian kamu bisa menghiraukan sisa musuh. Secepatnya temukan dinding yang bisa kamu gunakan untuk melakukan Flying Bird Flip dan Kunai Climb. 
- Tiba di atas, lompat ke arah helikopter, tekan QTE dan jatuhkan helikopter ini dengan cara yang sama saat kamu menangani helikopter di Hari ke -2. Lompat dari sayap setelah beres dan ikuti jalan untuk melakukan Kunai Climb lagi. 
- Jangan keasyikan menonton event sampai lupa menekan QTE. Setelah mendarat, habisi musuh, lakukan Kunai Climb dan hancurkan turret. 
- Jika kamu belum bisa menghancurkan turret, berarti masih ada musuh di sekitarmu. Habisi mereka dulu sebelum menghancurkan turret. 
- Tiba di sisi belakang kapal, kamu harus menghadapi banyak musuh, baik yang di darat maupun yang terbang. Pusatkan dulu dengan yang terbang, gunakan panahmu. Lalu habisi pemegang senjata api, baru sisanya. Setelah menghancurkan turret di area ini, berlindung dulu dari serangan helikopter, dan lanjutkan ke atas setelah helikopter tersebut mundur. Tunggu aba-aba untuk menyerang dan hancurkan turret berikutnya. 
- Setelah menghabisi turret terakhir, lakukan save sebelum melompat ke kapal berikutnya. Waspadai turret yang sekarang menembakimu juga, habisi musuh ASAP dan hancurkan turret tersebut. 
- Di dek belakang kapal ini, setelah menghabisi dua turret, kamu akan menghadapi beberapa Mage. Berhati-hatilah saat menghadapi mereka! Menghindar saat mereka melompat dan jaga jarak saat mereka mengeluarkan kilatan biru dari tangan mereka. 
- Setelah mengalahkan para Mage, kamu harus melawan beberapa Ghost saat tiba di atas. Hancurkan turret terakhir di atas dan hadapi helikopter dengan cara yang sama. 
- Tiba di Black Narwhal, kamu akan menghadapi Steel Spider x2. Hancurkan pelindung kaki musuh ini, sehingga kamu bisa memotongnya. Kamu bisa menggunakan pedang atau kalau mau aman, menggunakan panah. Ada baiknya kamu konsentrasi dulu ke satu musuh, sebelum berpindah ke musuh berikutnya. 

BOSS: DRAGON ROBOT 

Hampiri dia sambil menghindari serangan pelurunya. Saat dia menghantamkan tangannya, serang tangannya lalu mundur. Jika boss mengeluarkan serangan listrik (tangannya berwarna biru), jangan hampiri dulu. Setelah mengeluarkannya, secepatnya serang, lalu mundur lagi. Setiap kali kamu mendapat kesempatan untuk menghajar tangannya, selalu manfaatkan. Setelah perlindungan tangannya hancur, serang untuk mengaktifkan QTE. Lakukan di kedua tangannya, lalu QTE untuk menghindar. Ronde ke dua, kamu harus menggunakan panah untuk membidik benda bersinar kuning di sisi bawah perutnya. Tidak sulit, namun menyebalkan karena kamu harus menghindari berbagai misil yang diluncurkan boss. Hindari sinar laser dengan berdiri di antara laser tersebut. Saat dia terjatuh, dia akan menerjangmu. Biarkan dia menghampirimu dan tekan QTE untuk mengalahkannya. Hampiri rongsokannya dan tekan QTE lagi. 
- Jangan lupa melakukan save setelah mengalahkan boss. Dibawah kamu harus mengalahkan banyak musuh lagi. Termasuk para Mage yang super duper menyebalkan. BOSS: REGENT OF THE MASK Selain lebih agresif dan lebih sering melakukan block, boss satu ini tidak banyak berubah dari sebelumnya. Untungnya pertarungan kali ini tidak berjalan lama. Setelah melukainya cukup banyak, akan ada QTE yang mengakhiri pertarungan ini. 
- Kamu akan disambut oleh Steel Spider saat mendarat, jatuhkan dia dengan cara yang sama. Musuh-musuh yang akan kamu hadapi di sini tidak jauh berbeda dengan musuh yang sudah kamu hadapi sebelumnya. Jadi atasi mereka dengan cara yang sama. 
- Jika kamu diserang dengan rocket launcher, utamakan menghabisi si penembak dulu karena kamu akan dikepung dari berbagai sisi dan rocket launcher akan mengganggu konsentrasimu. 
- Saat melihat sebuah helikopter jatuh ke arahmu, segera lakukan slide ke depan untuk menghindarinya. Setelah menghindarinya, musuh akan terus berdatangan. Jadi habisi sebanyak mungkin sampai muncul cutscene. Teruskan menghabisi musuh sampai muncul event yang membawamu ke area berikutnya. 
- Menghadapi para Mage akan merepotkan karena mereka seperti muncul terus menerus. Menghindarlah saat tubuh mereka diselimuti aura merah dan jangan segan menggunakan ninpo. Setelah akhirnya beres, lakukan Kunai Climb dan hindari misil yang menyerangmu. 
- Setelah melakukan Flying Bird Flip dan tiba di atas, tangani musuh berjet dengan panah, serta helikopter dengan QTE. Saat mendarat, kamu akan disambut oleh para humanoid. Tangani dengan cara yang sebelumnya. 
- Kamu akan berada di mobil bersama Mizuki dan harus menggunakan panah untuk menghabisi musuh yang mengejarmu. Dengarkan saran Mizuki untuk mengetahui lokasi mereka. Setelah musuh berjet dan helikopter, tangani truk musuh. 
- Bersama Mizuki, ikuti jalan dan siap-siap menekan QTE sampai kamu harus melawan boss. 

BOSS: CLIFF 


Seperti sebagian besar boss, di awal pertarungan dia tidak terlalu merepotkan. Sebagian besar serangannya bisa kamu hindari dengan mundur dan melakukan block. Sambil menghindar, cobalah menghampirinya dan serang dengan combo. Jika tubuhnya bersinar, segera mundur atau dia akan menangkapmu dan menimbulkan damage. Saat di sekitarnya menjadi hitam, mundur dan gunakan panahmu. Lakukan 3x QTE untuk memangkas tangannya dan dia akan terbang. Kamu akan kehilangan panahmu setelah kamu gunakan 1x di babak ini. Musuh lain akan bermunculan, jadi hiraukan Cliff dan hindari serangannya sementara kamu menghabisi musuh lain. Habisi musuh dan gunakan Ultimate Attackmu ke Cliff untuk menjatuhkannya. Ulangi terus strategi yang sama sampai dia berlutut, hampiri dan tekan QTE. 
- Menang melawan boss, kamu akan mendapat partner baru untuk sesaat. Bekerja samalah dengannya untuk menghadapi musuh yang kamu hadapi selama perjalanan. Untuk meneruskan perjalanan saat berada di atas bangunan, tunggu sampai muncul helikopter yang akan menabrak menara komunikasi. Gunakan menara ini untuk 'terbang' ke bangunan berikutnya. 

BOSS: THEODORE 


Cara menghadapi boss ini sama dengan cara kamu menghadapi Regent of the Mask. Boss lebih cepat dibandingkan Regent of the Mask, jadi kamu juga harus sering bergerak, melakukan evade atau block. Seranglah di semua kesempatan yang bisa kamu temukan. Saat kamu harus menekan QTE, pertarungan berakhir. 

FINAL BOSS: THE GODDESS 


Lakukan hal yang sama seperti di awal permainan, menekan QTE dan saat dia terjatuh, segera hampiri wajahnya. Hindari sinar ungu dan tekan QTE saat kamu menghampiri wajahnya. Tiba di atas gedung, kembali hindari sinar ungu dan habisi semua musuh sampai bar ninpo terisi. JANGAN sampai terjatuh dari gedung karena kamu akan KO. Hindari juga tangan boss yang ditandai dengan garis oranye. Setelah bar ninpo terisi, aktifkan untuk cutscene dan QTE lagi. Secepatnya hampiri tangannya, sabet dengan pedangmu dan hajar kepalanya untuk QTE. Ronde selanjutnya mengharuskanmu untuk terus menghindari serangan boss. Tunggu sampai dia menghantamkan tangan dan hajar tangannya. Waspada saja agar kamu tidak terjatuh dari sisi kiri atau kanan gedung. Boss akan menghancurkan sebagian sisi gedung sehingga area bertarungmu akan lebih sempit. Saat dia akan mengayunkan pedangnya, lakukan block untuk memicu sederetan QTE untuk mengakhiri game ini. 

CONGRATULATIONS! 
YOU JUST FINISHED NINJA GAIDEN 3!

2 komentar :